Ariza Pastikan Dukungan Pemprov Terhadap UMKM

Jakarta – Wakil Gubernur Provinsi DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menghadiri acara Pembukaan Hari Diskon Nasional 2021 di Creative Hall, Jakarta Selatan, Sabtu (4/12). Dia memastikan dukungan penuh Pemprov DKI Jakarta melalui keterlibatan UMKM-UMKM binaan.

Dalam sambutannya, Wagub Ariza menyampaikan apresiasinya kepada Bank Mandiri yang telah mendukung pemberdayaan UMKM di Indonesia dengan menyelenggarakan pembukaan Hari Diskon Nasional (HDN) 2021.

“Semoga kegiatan ini menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia,” katanya mengawali sambutan.

Menurut Wagub Ariza, HDN 2021 merupakan ajang promosi berbagai produk lokal ternama hasil kreasi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari seluruh Indonesia.

“Semoga rangkaian kegiatan dapat menghadirkan optimisme para pelaku UMKM di Indonesia dan turut memutar roda perekonomian. Sehingga mendukung pemulihan ekonomi nasional,” ujar Wagub Ariza.

Dengan menghadirkan berbagai merchant lokal, UMKM, mitra kolaborasi, serta produk berkualitas, diharapkan HDN 2021 menarik minat pengunjung untuk berbelanja produk buatan Indonesia. Apalagi, sambungnya, UMKM menjadi sektor yang amat terdampak pandemi COVID-19 yang telah mendera Indonesia dalam dua puluh bulan terakhir.

“Sektor ini menjadi salah satu penggerak utama perekonomian. Tercatat sebanyak 64,2 juta pelaku usaha, menyerap 97 persen dari total tenaga kerja di Indonesia. Kontribusi UMKM terhadap Produk Domestik Bruto sebesar 61,07 persen,” ungkapnya.

Mengingat peran UMKM yang besar terhadap perekonomian Indonesia, lanjut Ariza, maka diperlukan dukungan dari pemerintah, lembaga pemerintah, instansi swasta dan masyarakat pada umumnya.

“Ajang diskon itu merupakan salah satu upaya yang baik untuk menarik konsumen agar berbelanja produk hasil buatan UMKM,” tukasnya.

Masyarakat atau konsumen saat ini juga semakin kritis dalam berbelanja barang dan jasa. Wagub Ariza berharap, HDN ini dapat meyakinkan masyarakat bahwa barang dan jasa yang dipasarkan memiliki kualitas terbaik dengan harga yang kompetitif. Sehingga konsumen tertarik dan sekaligus untuk mengurangi minat masyarakat belanja ke luar negeri.

Turut hadir dalam kegiatan itu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B. Panjaitan (daring), Menteri BUMN RI Erick Thohir (daring), Direktur Utama Bank Mandiri (Persero) Darmawan Junaidi, Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta Elisabeth Ratu Rante Allo, dan berbagai UMKM peserta kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *