Hindari Muncul Klaster Pasar Bisa Dilakukan dengan Belanja Online

Penyebaran paling mudah terjadi di kawasan pasar dan itu pun akan menyebabkan klaster pasar. Sebab, banyaknya kegiatan aktivitas orang dari mana saja untuk membeli kebutuhan sehari-hari.

“Ini tempat berkumpul banyak orang, mereka punya aktivitas yang sama, ada pedagang, lalu dia bisa menularkan ke keluarga dan ini bisa multiple klaster,” jelas Tim Pakar Satgas Covid-19 Dewi Nur Aisyah dalam siaran YouTube BNPB, Rabu (30/9).

Kata dia, penyebab terjadinya klaster pasar adalah tidak patuhnya warga pasar pada protokol kesehatan. Padahal, keramaian sendiri memiliki potensi besar untuk menyebarkan virus.

“Ini yang positif rame-rame (klaster) nggak menerapkan protokol kesehatan? Kemungkinan besar ketika orang tidak menerapkan protokol kesehatan dengan benar, bisa jadi potensi penularan,” tambahnya.

Adapun, untuk mencegahnya, masyarakat bisa berbelanja kebutuhan sehari-hari menggunakan aplikasi daring. Dengan begitu, mereka pun akan aman. “Kita online shopping aja dulu, kalau pun kita harus tetap belanja untuk kebutuhan sehari-hati, pastikan protokol kesehatan dilakukan dengan benar, sesingkat mungkin belanja,” ujar dia.

Disarankan menggunakan masker bedah, ditambah dengan face shield untuk menciptakan double protection. “Bawa hand sanitizer. Namanya barang belanjaan kan banyak yang megang, jangan megang wajah dan Hp, langsung mandi dan ganti pakaian ketika pulang,” tuturnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post DKI Jadi Penyumbang Terbanyak Kasus Penularan Covid-19 di Indonesia
Next post Hari Ini Rencananya Keluar dari Penjara dan Jadi Tahanan Kota, Mark Sungkar: Alhamdulillah