Jangan Dianggap Remeh! Inilah Beberapa Penyebab Darah Rendah

 

Penyebab darah rendah memang bermacam-macam. Kondisi darah rendah ini bisa saja dialami oleh siapa saja tidak mengenal usia ataupun jenis kelamin. Untuk mengatasi permasalahan darah rendah maka tentu harus mengetahui apa saja penyebabnya. Karena itu berikut akan diberikan ulasan mengenai apa saja penyebab darah rendah.

Apa Penyebab Darah Rendah?

Kehamilan

Penyebab darah rendah yang pertama yaitu dikarenakan masalah kehamilan. Selama masa kehamilan sistem peredaran darah ini akan mengalami perkembangan secara pesat dan tekanan darah pun akan cenderung menurun. Hal tersebut merupakan kondisi yang sangat normal.

Ketika seorang ibu hamil sudah melahirkan maka tekanan darah tersebut akan kembali normal dengan sendirinya.

Masalah Pada Jantung

Beberapa kondisi jantung juga bisa mengakibatkan tekanan darah rendah termasuk diantaranya yaitu masalah pada katup jantung, detak jantung yang rendah, gagal jantung dan serangan jantung.

Terdapat Masalah Pada Endokrin

Masalah endokrin merupakan sebuah kondisi yang di sini mempengaruhi regulasi hormon di dalam tubuh. Beberapa contoh untuk kondisi medis yang dapat menjadi penyebab untuk permasalahan endokrin serta tekanan darah rendah antara lain yaitu:  gula darah yang rendah, penyakit paratiroid, diabetes di dalam beberapa kasus, Insufisiensi adrenal serta tiroid yang kurang aktif.

Seseorang di sini kehilangan lebih banyak cairan jika dibandingkan dengan jumlah yang dibutuhkan, itu bisa saja menyebabkan pusing, lemah dan kelelahan. Demam, di area parah, muntah, pemakaian diuretik yang berlebihan serta olahraga berat juga bisa menyebabkan terjadinya dehidrasi.

Kehilangan Darah

Ketika seseorang kehilangan banyak darah seperti contohnya dikarenakan cedera besar atau pendarahan internal hal itu akan mengurangi jumlah darah yang terdapat di dalam tubuh sehingga mengakibatkan penurunan tekanan darah yang cukup parah.

Infeksi Berat

Infeksi ketika sudah memasuki aliran darah maka hal tersebut bisa mengakibatkan penurunan pada tekanan darah yang mana pada akhirnya akan mengancam jiwa yang disebut juga dengan syok septic.

Reaksi Alergi Parah

Alergi itu umum dari terjadinya reaksi parah serta berpotensi dalam mengancam jiwa ini termasuk makanan, racun serangga obat-obatan tertentu dan lateks. Anafilaksis diantaranya bisa mengakibatkan kondisi berikut:

  • Gatal-gatal
  • Masalah pada pernapasan
  • Tenggorokan yang bengkak
  • Ruam merah dan bengkak pada kulit
  • Penurunan tekanan darah yang sangat berbahaya

Kekurangan Nutrisi

Kurangnya nutrisi di dalam diet sebenarnya bukan penyebab langsung mengapa di sini seseorang mengalami darah rendah. Kekurangan vitamin B12, zat besi serta folat bisa mencegah tubuh memproduksi cukup sel darah merah. Kondisi tersebutlah yang kemudian jadi penyebab mengapa seseorang yang melakukan diet mengalami tekanan darah rendah.

Konsumsi Alkohol dan Obat-Obatan

Tekanan darah yang rendah terkadang juga bisa diakibatkan oleh karena pemakaian alkohol serta mengonsumsi obat-obatan tertentu. Beberapa obat yang bisa saja menjadi penyebab mengapa seseorang mengalami daratan rendah antara lain yaitu:

  • Obat disfungsi ereksi
  • Obat hipertensi
  • Obat penyakit parkinson
  • Obat diuretik
  • Obat jantung, seperti beta-blocker
  • Antidepresan

Penting untuk Anda ingat bahwasanya penurunan pada tekanan darah yang terjadi secara tiba-tiba merupakan hal yang sangatlah berbahaya. Perubahan tekanan darah hanya 20 mmhg misalnya dari yang mulanya 110 mmhg sistolik akhirnya menjadi 90 mmhg sistolik. Hal tersebut bisa mengakibatkan gejala seperti pusing dan pingsan saat otak gagal untuk menerima cukup darah.

Sementara itu berkurangnya jumlah darah seperti dikarenakan oleh pendarahan yang tidak terkontrol, infeksi yang parah ataupun dikarenakan reaksi alergi bisa saja mengancam jiwa seseorang.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Previous post 5 Fungsi Utama Dari Kaca Film Pada Mobil
Next post Penerapan Manajemen Bisnis yang Baik