Teks Biografi: Pengertian, Ciri, dan Strukturnya

Teks biografi adalah karya tulis yang memuat hidup orang lain. Pastinya sudah pernah membaca teks yang menceritakan tentang kisah hidup seseorang. Cerita tokoh terkenal tersebut dinamakan dengan teks biografi. 

Bagi yang ingin memahami tentang teks biografi. Bisa simak penjelasan berikut ini. 

 

Penjelasan Tentang Teks Biografi

Biografi merupakan salah satu jenis teks atau tulisan non fiksi yang berisi riwayat hidup seseorang. Seperti apa pengertian teks biografi? Berikut ulasan lengkapnya. 

Apa itu teks biografi

Biasanya penulisan teks biografi karena banyaknya antusiasme untuk mengetahui cerita di balik kehidupan seseorang yang mempunyai nilai yang patut diteladani bagi pembaca. 

Pada dasarnya teks biografi merupakan cerita seorang tokoh yang ditulis oleh orang lain. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar memberikan teladan kepada orang yang membacanya. 

Oleh karena itu, teks biografi ditulis tentang kehidupan tokohnya, mulai dari masalah yang dihadapi, perjuangannya, sampai keberhasilan yang dicapainya. 

Bukan hanya membahas tentang kehidupan yang memiliki nilai teladan. Di dalam teks biografi juga membahas tentang latar belakang dari tokoh tersebut. 

Tujuan dari membaca teks biografi yaitu supaya bisa mengenal tokoh dan mengetahui pemikiran dan tindakannya ketika menghadapi masalah dalam hidupnya. 

Ciri-ciri teks biografi

Setelah mengetahui tentang arti teks biografi. Berikut penjelasan tentang ciri-ciri dari teks biografi yang menjadi pembeda dengan teks lainnya. 

  • Teks biografi berisi tentang fakta dari pengalaman hidup dari tokoh. 
  • Bentuk penyajian dari teks biografi yaitu narasi atau penceritaan. 
  • Teks biografi berisi peristiwa penting yang pernah dialami tokoh dalam hidupnya. Sehingga pembacanya bisa mendapatkan motivasi, inspirasi dan teladan dalam kehidupannya. 

Struktur teks biografi

Setelah ciri teks biografi, selanjutnya adalah strukturnya. Adapun struktur dari teks biografi bisa simak di bawah ini. 

  • Orientasi

Merupakan bagian pertama dari struktur biografi yang memuat pengenalan tentang tokoh yang diangkat. Penulisannya cukup ditulis secara umum saja. 

Sebelum menulis orientasi, maka perlu menyiapkan informasi tentang nama tokoh, latar belakang keluarganya, riwayat pendidikan, sampai alamat rumahnya. 

Setelah mengumpulkan semua informasi tersebut, maka selanjutnya ditulis memakai gaya penulisan naratif. 

  • Peristiwa dari masalah

Termasuk rangkain kedua yang sering disebut dengan rangkaian peristiwa. Struktur yang satu ini berisi tentang peristiwa apa saja yang dialami oleh tokoh secara urut. 

Tentu saja penulisannya harus sesuai dengan ketentuan waktu. Biasanya penulis akan menyajikan berbagai pengalaman yang dialami tokoh beserta konfliknya. 

Hal tersebut akan memudahkan pembaca dalam memahami setiap peristiwa yang dialami tokoh sehingga bisa dijadikan pembelajaran yang baik. 

  • Reorientasi

Terakhir ada reorientasi atau penutup. Beberapa ahli menyebutkan kalau struktur teks biografi satu ini bersifat opsional. Bahkan ada atau tidaknya reorientasi bukan menjadi masalah di dalam teks biografi. 

Penulis memiliki kebebasan tentang struktur yang satu ini. Reorientasi biasanya memuat pendapat dari penulis. Mulai dari tanggapan dan simpulan tentang cerita tokoh yang sedang ditulisnya. 

Teks biografi adalah salah satu bentuk penulisan yang menceritakan kehidupan suatu tokoh. Sehingga bisa diambil manfaatnya dan dijadikan suri tauladan. 

Semua pembahasan tentang teks biografi bisa dilihat pada situs Pijar Belajar. Salah satu situs pendidikan yang merupakan layanan OTT edukasi digital dari PT Telkom Indonesia yang memiliki visi dan misi untuk membantu pemerataan pendidikan di Indonesia. 

Ada berbagai macam layanan di dalamnya. Seperti Buku Sekolah Elektronik, Soal Latihan Belajar, Soal Latihan Ujian, dan Video pembahasan. Semuanya bisa ditemukan dalam situs Pijar Belajar. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Mengenal Satuan Panjang dan Cara Menghitungnya
Next post Perlukah Memiliki Polis Asuransi Jiwa Berjangka?
slot terpercaya slot resmi slot terbaru slot gacor
liputanwarga
24fakta
pintuwarga
studioberita
faktakata
jelajahharian
pinturakyat
pusatberita
infoterupdate
infoterbaru
pucatberita
pusatberitah
24jamterbaru
redaksi sipil
viral62
indoredaksi
pastifakta
62terkini
redaksi62
trending62
martek.id