Perlukah Memiliki Polis Asuransi Jiwa Berjangka?

Ketika berencana membeli polis asuransi jiwa, pada umumnya Anda akan ditawarkan 2 opsi, yaitu asuransi jiwa seumur hidup dan asuransi jiwa berjangka. Tentu saja masing-masing dari asuransi tersebut memiliki karakteristik dan kelebihannya tersendiri.

Nah, untuk Anda yang saat ini berencana untuk memilih asuransi jiwa berjangka dibandingkan dengan asuransi jiwa seumur hidup, tetapi belum benar-benar memahaminya, ada baiknya mengetahui beberapa hal berikut ini berdasarkan artikel dari situs Nerdwallet. Dengan begitu, Anda bisa lebih yakin dengan jenis asuransi yang Anda pilih.

Asuransi Jiwa Berjangka Lebih Fleksibel

salah satu kelebihan dari asuransi ini adalah fleksibilitasnya. Atau lebih spesifik lagi adalah fleksibilitas dalam menentukan berapa lama jangka waktu proteksinya. Biasanya, opsi jangka waktu perlindungan asuransi jiwa berjangka dimulai dari 5 tahun dan kelipatannya, dan bisa Anda pilih sesuai kondisi dan kebutuhan.

Polis yang jangkanya berlangsung sampai 5 tahun cocok untuk Anda yang memiliki utang jangka pendek. Bagi Anda yang memegang peran sebagai tulang punggung keluarga dengan pinjaman jangka panjang, asuransi jiwa berjangka hingga 30 tahun bisa jadi pilihan yang lebih sesuai.

Premi Lebih Terjangkau

Rata-rata biaya premi asuransi jiwa berjangka lebih terjangkau dibandingkan premi untuk asuransi jiwa seumur hidup. Karena dalam asuransi jiwa seumur hidup, polisnya cair kapanpun tertanggung meninggal, sehingga risikonya lebih tinggi bagi perusahaan asuransi. Sementara itu, risiko asuransi jiwa berjangka dipandang lebih rendah, yang juga mempengaruhi besaran preminya.

Cocok untuk Anda yang Baru Berkeluarga

Mengingat bahwa preminya lebih terjangkau, Anda yang baru saja berkeluarga, atau memiliki keluarga kecil (misalnya hanya punya 1 anak saja) sangat cocok memiliki polis asuransi ini.

Dengan begitu, Anda bisa tetap memberikan perlindungan finansial atas risiko kematian tanpa mengganggu finansial. Sebab, keluarga baru biasanya masih membutuhkan banyak dana untuk membiayai kebutuhan hidupnya. Setelah kondisi keuangan stabil, Anda bisa mempertimbangkan untuk memperpanjang periode polis atau beralih ke asuransi jiwa lainnya.

Simpel dan Praktis

Bagi banyak orang, asuransi jiwa berjangka adalah cara yang simpel, praktis, dan terjangkau untuk proteksi finansial apabila hal-hal tak diinginkan menimpa diri sendiri, yang kemudian bisa berdampak signifikan pada keluarga. Dan secara umum, cara kerja asuransi jiwa berjangka juga sangat mudah dipahami. Karena pada dasarnya, Anda terlindungi selama polis aktif dan rutin membayar premi sesuai yang telah ditentukan.

Secara umum, hanya ada 3 hal yang perlu Anda putuskan ketika memilih asuransi jiwa berjangka, yaitu:

  1. berapa besar perlindungan asuransi yang dibutuhkan,
  2. jangka waktu proteksinya, dan
  3. produk/perusahaan asuransi mana yang pas.

Begitu Anda menjawab ketiga hal tersebut, Anda bisa bandingkan nilai asuransi jiwa berjangka yang ada di pasaran untuk memilih produk yang paling pas. Semoga Anda bisa mendapatkan asuransi yang paling sesuai untuk Anda dan keluarga sehingga bisa memberi perlindungan maksimal.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous post Teks Biografi: Pengertian, Ciri, dan Strukturnya
Next post Tertarik Menginap di Hutan Mangrove Jakarta? Temukan Beragam Pilihan Kamar Disini
slot terpercaya slot resmi slot terbaru slot gacor
liputanwarga
24fakta
pintuwarga
studioberita
faktakata
jelajahharian
pinturakyat
pusatberita
infoterupdate
infoterbaru
pucatberita
pusatberitah
24jamterbaru
redaksi sipil
viral62
indoredaksi
pastifakta
62terkini
redaksi62
trending62
martek.id